Tips membeli mobil bekas di tahun 2024
Membeli mobil bekas pada tahun 2024: Apa yang harus Anda perhatikan
Anda ingin membeli mobil bekas dan sudah tahu model apa yang seharusnya. Untuk memastikan bahwa semuanya berjalan lancar saat membeli mobil bekas dan Anda berkendara pulang dengan mobil yang akan Anda nikmati untuk waktu yang lama, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal selain rasio harga-kinerja.
Jarak tempuh
Pertama-tama, lihat jarak tempuh: Mobil bekas baru harus memiliki jarak kurang dari 200.000 kilometer pada odometer. Mobil dengan jarak tempuh yang lebih tinggi seringkali dikenakan biaya perbaikan yang tinggi – misalnya, untuk timing belt baru atau perbaikan mesin. Masalahnya adalah speedometer sering dimanipulasi. Menurut TÃœV, hal ini bahkan mempengaruhi satu dari tiga mobil bekas. Jadi periksa jarak tempuh secara kritis.
Mesin
Kriteria keputusan penting kedua saat membeli mobil bekas adalah mesin. Itu harus dalam kondisi baik dan kualitas setinggi mungkin. Lebih baik menjauhi motor sederhana yang murah. Mereka mungkin tidak bertahan lama karena pilihan bahan dan pengerjaan biasanya kurang baik. Jenis mesin juga dapat membuat perbedaan – setidaknya pada mobil yang lebih tua. Berikut ini berlaku di sini: Mesin diesel biasanya bertahan lebih lama daripada mesin bensin. Mesin yang lebih baru, bagaimanapun, hampir sama.
Mobil jarak jauh atau jarak pendek
Saat membeli mobil bekas, perhatikan juga apakah kendaraan yang Anda inginkan adalah mobil jarak jauh atau jarak pendek. Mobil yang digunakan untuk jarak kurang dari sepuluh kilometer dianggap sebagai mobil jarak pendek. Mereka biasanya lebih cepat aus karena mereka mengalami stres yang lebih besar. Karena mesin, oli, dan cairan pendingin tidak cukup hangat pada jarak pendek, mesin dan transmisi tidak berjalan optimal. Oleh karena itu, mobil jarak jauh, yaitu kendaraan yang menempuh jarak yang lebih jauh, seringkali dalam kondisi yang lebih baik. Hal yang sama berlaku untuk mobil yang diservis secara teratur. Alasannya: Jika tanggal inspeksi terpenuhi, cacat terlihat lebih cepat - dan dapat diperbaiki lebih cepat.
Di dealer atau pribadi: Di mana membeli mobil bekas?
Baik membeli dari pengecer maupun dari penjual pribadi memiliki kelebihan dan kekurangan. Jika Anda membeli mobil bekas dari dealer, misalnya, biasanya harganya lebih mahal. Tetapi banyak yang menerima ini karena ini adalah "pilihan yang aman". Hal ini karena dealer diwajibkan oleh hukum untuk memberikan garansi. Artinya, Anda harus menjamin bahwa mobil akan terus berfungsi dengan sempurna setidaknya selama dua tahun setelah penjualan. Jika cacat terjadi selama waktu ini, Anda dapat menarik diri dari kontrak pembelian.
Selain garansi, beberapa dealer menawarkan garansi mobil bekas. Ini adalah semacam janji bahwa dealer akan mengurus perbaikan cacat. Namun, seringkali, tidak semua komponen kendaraan – dan akibatnya tidak semua kemungkinan masalah – tercantum di sini. Apa sebenarnya yang ada di dalamnya bervariasi dari penjual ke penjual. Jadi perhatikan baik-baik ketentuan garansi.
Anda juga harus membaca ulasan pelanggan dengan cermat. Alasannya: Mereka dapat memberikan petunjuk apakah itu dealer yang bereputasi baik atau meragukan. Misalnya, apakah pembeli lain positif tentang fakta bahwa penjual memberi tahu mereka tentang kerusakan dan cacat sebelumnya sebelum menyimpulkan kontrak? Maka pengecer mungkin memiliki reputasi baik – karena komunikasi transparan ini menunjukkan bahwa dia tidak memiliki apa pun untuk disembunyikan.
Keuntungan besar membeli mobil bekas dari pembeli pribadi adalah Anda sering dapat menghemat banyak uang di sini – atau membeli peralatan yang tidak mungkin dilakukan dengan mobil bekas dari dealer. Kerugiannya adalah bahwa individu pribadi tidak harus mematuhi garansi dua tahun. Anda dapat menguranginya menjadi satu tahun atau mengabaikannya sama sekali. Jika ada sesuatu yang rusak pada mobil tak lama setelah serah terima, Anda akan ditinggalkan dengan biaya perbaikan.
Sekilas: Keuntungan dan kerugian membeli dari dealer atau dari orang pribadi
Asal | Keuntungan | Kerugian |
---|---|---|
Dealer | Aman, seperti garansi yang diwajibkan secara hukum | Kendaraan biasanya lebih mahal |
dari pribadi | tidak aman, karena tidak diperlukan garansi | Biasanya lebih murah atau dengan peralatan yang lebih baik |
Sepuluh tips membeli mobil bekas
Dari test drive, hingga tes ahli, hingga firasat: Sepuluh tips ini akan membantu Anda jika Anda ingin membeli mobil bekas.
Tip 1: Rencanakan waktu untuk jalan-jalan
Tidak peduli seberapa menggoda tawaran dari penjual, hindari membuat keputusan hubung singkat saat membeli mobil bekas. Poin-poin berikut akan membantu Anda membuat keputusan yang dipertimbangkan dengan matang saat membeli mobil bekas:
- Bersikeras bahwa Anda dapat melihat mobil dalam cuaca kering, kondisi pencahayaan yang baik dan dari semua sisi. Ini berarti bahwa kerusakan kecil pada cat pun terlihat.
- Jangan biarkan penjual membuat Anda berada di bawah tekanan – baik selama menonton maupun saat Anda membuat keputusan. Tandatangani kontrak hanya setelah waktu yang cukup untuk memikirkannya.
- Yang mutlak tidak boleh dilakukan adalah kesimpulan kontrak online tanpa penilaian sebelumnya.
Tip 2: Bawa teman pecinta mobil bersama Anda
Baik itu teman, kenalan, atau kerabat: Itu selalu baik jika Anda memiliki seseorang yang tahu satu atau dua hal tentang mobil untuk menemani Anda ke janji menonton. Dia mungkin melihat cacat pada mobil yang akan Anda abaikan dan mengajukan pertanyaan yang tidak akan Anda pikirkan. Masuk akal juga untuk membagi tugas selama melihat: Satu orang mengambil bagian aktif – yaitu memeriksa kendaraan dan mengajukan pertanyaan – sementara yang lain mengamati dan mencatat pernyataan dealer atau penjual pribadi. Anda dapat membaca catatan lagi di rumah di waktu luang Anda - dan meneliti poin-poin tertentu secara online jika perlu.
Tip 3: Periksa kendaraan dari kerusakan akibat kecelakaan
Secara umum, penjual harus memberi tahu calon pembeli tentang kerusakan mobil sebelumnya yang diketahui. Jika dia menyembunyikannya, Anda mungkin dapat menuntut pengurangan harga pembelian atau kerusakan. Namun demikian, Anda harus memanfaatkan janji menonton dan mencari mobil untuk bukti kerusakan kecelakaan. Jika, misalnya, cat memiliki warna, perbedaan warna, bintik-bintik matte atau tidak rata, seseorang tampaknya sudah menyentuh di sini.
Perhatikan juga bagian plastik dan karet – terkadang ada jejak kabut semprot pada karet dan jahitan. Beberapa kerusakan cat diperbaiki dengan sangat baik sehingga tidak terlihat dengan mata telanjang. Pengukur ketebalan cat membantu di sini – area yang dicat ulang lebih tebal. "Trik magnet" juga dapat membuka kedok kerusakan cat. Untuk melakukan ini, pegang magnet ke mobil. Jika bertahan, semuanya baik-baik saja. Jika jatuh, itu mungkin area yang diisi. Tentu saja, trik ini hanya bekerja pada baja dan tidak pada plastik atau aluminium. Selain kerusakan cat, ada juga tanda-tanda lain yang menandakan bahwa mobil tersebut adalah mobil kecelakaan.
Petunjuk ini menunjuk pada mobil kecelakaan:
- Penutup lantai yang lembab dan interior apek - kebocoran di badan dapat menyebabkan hal ini.
- Jarak yang tidak rata atau jauh antara masing-masing komponen – pintu, kap mesin, dan penutup – mungkin telah melengkung dalam kecelakaan.
- Noda oli di bawah mobil – jika oli bocor dari lubang di pipa, oli dapat rusak lebih cepat, karena bagian yang bergerak di dalam mobil lebih cepat aus tanpa oli.
- Sekrup yang aus atau terlihat terlalu baru – seringkali sekrup pada pintu, kap mesin, dan spatbor mengungkapkan apakah mobil telah dibongkar dan kemudian dipasang kembali setelah kecelakaan.
- Tanggal pembuatan kaca depan yang berbeda – jika ada sesuatu yang berbeda pada kaca depan dari pada pendaftaran pertama, itu mungkin telah diganti.
Tip 4: Lihat jarak tempuh
Dalam kasus manipulasi odometer, penjual mengembalikan odometer dan menjual mobil dengan harga lebih dari nilainya. Ini mengganggu dan berbahaya bagi pembeli. Karena: Beberapa perawatan didasarkan pada jarak tempuh. Jika Anda tidak mengetahui informasi yang sebenarnya, Anda mungkin melewatkan janji temu dan berisiko kerusakan mesin dan sejenisnya. Membaca unit kontrol juga dapat membantu: Penipu sering kali hanya memanipulasi tampilan di kokpit – tetapi data juga disimpan di unit kontrol. Mereka dapat dibaca oleh spesialis atau melalui aplikasi dan adaptor OBD2.
Tip 5: Periksa tapak ban
Ban musim panas harus memiliki kedalaman tapak minimal dua milimeter, ban musim dingin setidaknya empat. Lupa aturan lipat atau penggaris Anda? Koin satu euro dapat digunakan untuk memperkirakan kondisi ban secara kasar. Untuk melakukan ini, cukup masukkan koin ke dalam alur tapak dan arahkan diri Anda ke tepi kuningan - yang lebarnya tiga milimeter. Dengan ban musim dingin, misalnya, seharusnya tidak terlihat. Jika tidak, penting untuk memeriksa kedalaman ban di beberapa tempat. Alasannya: Juga terlihat jika ban aus tidak merata dan mungkin tidak lagi layak jalan.
Tip 6: Baca kertas mobil bekas
- apakah nomor sasis pada mobil sudah benar,
- ketika mobil harus pergi ke MOT lagi dan
- berapa banyak pemilik sebelumnya yang sudah ada.
Misalnya, jika mobil sangat sering berpindah tangan, ini bisa menandakan bahwa mobil harus sangat sering pergi ke bengkel atau menyebabkan masalah lain.
Tip 7: Lakukan test drive
Test drive adalah tes praktik. Di sini, cacat dapat diperhatikan yang tidak diperhatikan selama penilaian belaka. Ini mengklarifikasi pertanyaan seperti "Apakah mobil bereaksi cepat bahkan pada kecepatan tinggi?", "Berapa tingkat kebisingannya?" atau "Apakah rem bekerja dengan baik?". Juga, awasi lampu kontrol di kokpit dan pengalaman berkendara secara keseluruhan saat mengemudi. Jika perpindahan gigi tersangkut, mobil bergetar aneh atau tersentak, masalah mengemudi bisa ada di belakangnya.
Tip 8: Cari saran ahli
Dapatkan pendapat ahli sebelum menandatangani kontrak pembelian. Hal ini terutama berlaku jika ada keraguan atau pertanyaan yang belum terjawab setelah menonton – misalnya, tentang biaya perbaikan yang dapat Anda harapkan di masa mendatang. Tetapi itu juga merupakan ide yang baik untuk menghubungi seorang ahli – lagipula, bahkan sebagai pengemudi yang berpengetahuan luas yang tertarik pada teknologi, Anda dapat dengan cepat mengabaikan cacat kecil. Pakar melihat bodi dan teknologi dengan sangat dekat dan, jika semua kriteria terpenuhi, memberikan segel persetujuan mobil bekas atau sertifikat mobil bekas jika perlu.
Titik kontak untuk pemeriksaan mobil bekas adalah, misalnya:
- Klub mobil seperti ADAC,
- Perusahaan pengujian seperti DEKRA atau
- Asosiasi Inspeksi Teknis, TÃœV.
Atau, Anda juga dapat mengatur inspeksi umum baru – di bengkel yang Anda percayai.
Tip 9: Bawalah daftar periksa Anda
Saat membeli mobil bekas, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, melacak semua tugas dan daftar periksa membantu untuk menyimpan gambaran umum.
Tip 10: Dengarkan firasat Anda
- Apakah penjual pribadi menghindari pertanyaan spesifik tentang riwayat kecelakaan mobil?
- Apakah harga pembelian secara signifikan lebih rendah daripada model yang sebanding?
- Apakah ruang penjualan dan semua orang yang bekerja di sini tampaknya tidak dapat dipercaya?
Jika jawaban atas salah satu dari pertanyaan-pertanyaan ini adalah ya, itu bisa mengindikasikan bahwa ada sesuatu yang salah. Dalam hal ini, mungkin lebih baik mencari penyedia lain. Dalam kasus terburuk, Anda akan berakhir dengan mengemudi pulang dengan mobil yang dalam kondisi buruk dan akan menghabiskan banyak kegugupan dan uang.